2. Defender


Defender adalah seorang pemain yang bertugas untuk mencegah tercetaknya sebuah gol dalam permainan sepak bola, futsal dan sebagainya. Defender adalah pemain yang diidentikan dengan pertahanan, Defender akan lebih jarang mencetak gol dan berada tidak jauh dari kotak penalty, mereka juga dapat diartikan sebagai asisten Kiper.

Defender dibagi dalam beberapa posisi seperti;
Centre Fullback, posisi ini terletak didepan seorang kiper atau di kedua sisi kiper sebagai pemain yg mencegah jatuhnya bola ke arah gawang atau kiper secara langsung. Pada futsal, centre fullback mungkin akan lebih identik dikatakan sweeper. Karena pemain yg terbatas biasanya futsal hanya memasang 1 fullback didepan gawang, karena jumlahnya hanya 1 mereka mau tak mau harus mengirim bola jauh kedepan. Beda dengan sepak bola yang memiliki 2 fullback dan bahkan ditambahkan sweeper, mereka biasa melakukan ribbling dan passing terlebih dahulu secara bertahap untuk sampai ke garis depan.
Sweeper, adalah suatu posisi dimana pemain itu terletak diantara fullback dan kiper. Menjadi palang yang menggagalkan setiap kesempatan mencetak gol. Sweeper juga pemain yang dituntut untuk melakukan 'pembersihan' dengan cara membuang bola jauh ke garis depan.
Wing fullback, seperti namanya 'wing' berarti sayap yang terletak di pinggir. Pemain ini tidak hanya bertindak defensive tapi juga offensive karena bekerja mengantarkan bola ke striker atau midfielder dari garis belakang pertahanan.
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2