Efek Bayam Terhadap Popeye Benar Adanya

Efek luar biasa bayam pada film kartun Popeye rupanya bukan sekedar fiksi. Peneliti menemukan, mengkonsumsi satu mangkuk bayam setiap hari mampu meningkatkan efisiensi otot anda.

Telegraph melansir, Rabu (2/2/2011), mengkonsumsi 300 gram bayam akan menambah kadar oksigen yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja otot hingga lima persen, seperti jika anda berolahraga. Bahkan efek itu sudah bisa terlihat hanya dalam kurun tiga hari.

Rahasianya bukan terletak pada kandungan zat besi, seperti dugaan semula, melainkan nitrat yang berlimpah. Zat kimia ini memungkinkan mitochondria (ruang mesin masing-masing sel) bekerja lebih efisien.

"Bayam seperti tambahan bahan bakar untuk otot anda. Sayuran ini membuat otot bekerja lebih lancar dan efisien," ungkap Dr Eddie Weitzberg dari Institut Karolinska, Swedia.

Semua jenis sayuran hijau memiliki kandungan nitrat tinggi, yang hingga beberapa waktu lalu diduga tidak memiliki nilai nutrisi sama sekali.

"Kami tahu diet yang kaya akan buah-buahan dan sayuran bisa membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes. Namun nutrisi aktifnya belum diketahui," tutur Weitzberg.

"Ini adalah efek yang luar biasa dan penting. Penemuan ini membuktikan bahwa Popeye memang benar," tuntasnya merujuk pada kebiasaan tokoh kartun itu mengkonsumsi satu kaleng bayam untuk melepaskan diri dari bahaya.
(srn)
Sumber : techno.okezone.com
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2