Lionel Messi bintang bagi Barcelona

Lionel Messi kembali menjadi bintang bagi Barcelona. Setelah akhir pekan lalu menjadi inspirator kemenangan 3-0 atas Mallorca, kali ini gol semata wayangnya mengantar El Barca menundukkan Valencia, Kamis (3/3/2011) dini hari WIB.

Tambahan tiga angka di jornada ke-26 ini, praktis memperlebar selisih poin Barca dengan rival terdekatnya Real Madrid. Barca kian nyaman di puncak klasemen dengan raihan 71 atau unggul 10 angka dari El Real yang baru Jumat dini hari besok, meladeni perlawanan Malaga.

Bertandang ke markas Los Che di Mestalla, Barca sempat dikejutkan dengan permainan cepat yang ditampilkan anak asuh Unai Emery. Namun, dengan tenang jawara La Liga dua musim terakhir ini berhasil memberikan perlawanan sepadan, bahkan menguasai alur bola.

Memasuki menit ke-9, bocah ajaib El Azulgrana Lionel Messi menebar ancaman pertama. Memanfaatkan bola liar yang mengenai Tino Costa, Messi langsung menggiringnya ke kotak penalti. Sayang, tiga percobaan yang dilakukannya gagal membuahkan gol. Aksi cemerlang kiper Vicente Guaita dan bek Ricardo Costa memaksa Messi gigit jari.

Di menit ke-21, Valencia balik mengancam, bahkan berhasil mencuri gol melalui Jordi Alba yang memanfaatkan umpan terobosan Juan Mata. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena gelandang muda Spanyol ini telah lebih dulu terperangkap offside.

Pertarungan sengit dengan tempo cepat terus mengisi sepanjang babak pertama. Di menit ke-31, Messi kembali mendapatkan kesempatan emas mencetak gol pembuka, setelah berhasil mencuri bola dari Angel Dealbert.

Berlari melewati pemain belakang Valencia, Messi yang hanya tinggal berhadapan dengan Guaita, melepaskan tembakan chip (cungkil) yang apesnya masih melintas tipis di atas mistar. Skor kacamata alias 0-0 menutup paruh pertama.

Paruh kedua dimulai, kedua tim kembali menerapkan tempo permainan cepat. Valencia membuka peluang lebih dulu di menit ke-52 melalui tembakan keras Roberto Soldado yang masih melintas tipis di sisi gawang.

Dua menit berselang, giliran Manuel Pinto yang melakukan aksi cemerlang dalam menyelamatkan gawang Barca dari sepakan keras Pablo Hernadez. Pinto menjadi pilihan utama setelah kiper andalan El Barca Victor Valdes masih dibekap cedera.

Tak ingin terus ditekan, Barca kembali menekan dan menciptakan peluang lewat kombinasi apik Messi dan David Villa, yang sayangnya juga masih belum menemui sasaran.

Menyadari daya gedor timnya, kurang mumpuni Pep Guardiola menarik Javier Mascherano dan memasukkan Pedro Rodriguez untuk melengkapi trisula maut bersama Messi dan Villa di menit 63.

Masuknya Pedro terbukti membuat daya gedor Blaugrana kian berbahaya. Puncaknya terjadi di menit ke-77, di mana Messi akhirnya memecah kebuntuan setelah meneruskan umpan matang Adriano di sisi kanan pertahanan Valencia.

Tembakan mendatar bintang timnas Argentina ini tak mampu dibendung Guaita meski bola sempat menyentuh tangannya. Ini merupakan gol ke-27 Messi sepanjang musim ini dan mengukuhkannya sebagai top skor sementara La Liga.

Tertinggal satu gol, Valencia coba menggeber serangan demi menyelamatkan poin di hadapan publik Mestalla. Nahas, hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada satu pun gol balasan berhasil disarangkan Joaquin Sanchez dkk. Valencia harus legowo mengakui superioritas Barca meski kalah tipis 1-0.

Susunan Pemain:
Valencia:
Guaita, Ricardo Costa, J. Mathieu, M. Stankevicius, Dealbert, Joaquin, E. Banega, A. Costa, Pablo Hernandez, Jordi Alba, Juan Mata

Barcelona:
Pinto, E. Abidal, Dani Alves, Adriano, Pique, J. Mascherano/Pedro Rodriguez (62’), Iniesta, Xavi, Busquets, L. Messi, Villa. (acf)
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2