Minamoto no Yoshitsune (who's he?)


Siapa itu, Minamoto no Yoshitsune?
Minamoto no Yoshitsune (Yoshitsune dari klan Minamoto) adalah seorang jendral samurai dari akhir zaman Heian (running from 794-1185). Yang berhasil menggulingkan pemerintahan otoriter klan Taira.

Yoshitsune, lahir tahun 1159 sebagai keturunan Genji (Minamoto). Waktu Yoshitsune lahir Ayahnya, Minamoto no Yoshitomo memimpin pemberontakan Heiji, yang mau menggulingkan Taira no Kiyomori, sang penguasa otoriter masa itu. Tapi kalah, lantas dipenggal bersama kedua kakak laki-lakinya. Yoshitsune yang saat itu bernama Ushiwakamaru, bersembunyi bersama ibunya yang bernama Tokiwa 'gozen dan kedua kakaknya, Imawaka dan Otowaka, dari H
eishi (Taira) supaya nggak dibunuh. Mereka ditemukan di sebuah kuil di Heian-Kyo (Kyoto), Imawaka dan Otowaka dijadikan biksu dan Ushiwaka diperbolehkan tinggal bersama ibunya di ibukota.

Waktu Ushiwaka kecil, Taira no Kiyomori merasa bahwa Ushiwaka nantinya bakal jadi musuh besarnya lantas si Kiyomori menitipkan Ushiwaka di kuil Kurama supaya jadi biksu, dia takut jika suatu saat Ushiwaka bakal jadi samurai dan memberontak.
Selama di Kurama, Ushiwaka diajarin ilmu pedang sama dewa Tengu yang diperkirakan mantan klan Genji yang waktu itu ikut pemberontakan Heiji bersama Ayahnya dan dapat nama panggilan Shanaou yang artinya "pencerah", "bercahaya" dsb.
Ketika usianya menginjak 15 tahun, Ushiwaka melarikan diri ke Oushu, Provinsi Mutsu (Iwate) untuk mendapat perlindungan dari Shogun Fujiwara no Hidehira sang penguasa Mutsu. Ia mendapat nama Yoshitsune-nya, ketika sampai di Oushu pas melaksanakan ritual Genpuku atau upacara kedewas
aan. Yoshi diambil dari nama keturunan klan Minamoto secara turun temurun dan Tsune dari Minamoto no Tsunemori yaitu cucu dari Kaisar Seiwa.
Yoshitsune kemudian bergabung dengan kakaknya yang lain ibu, bernama Minamoto no Yoritomo di Kamakura, untuk bersumpah menjatuhkan Taira bersama-sama. Kemudian ia dipercaya kakaknya sebagai jendral samurai.
Yoshitsune berturut-turut menang dalam perang Ujigawa, Ichi no Tani dan Dan no Ura karena kece
rdasannya dalam bidang strategi yang terbukti jitu.
Yoshitsune pun mendapat berbagai kehormatan dan jabatan agung dari kaisar Go Shirakawa, sampai dinikahkan dengan Putri Sato atau Satouhime atau Satou no Kata.
Rupanya ada juga yang 'sirik' sama Yoshitsune, orang ini keliatannya nyoba ngadu domba antara Yoshitsune
dan Yoritomo. Namanya Kajiwara Kagetoki, dia negelaporin semua tindakan semena-mena Yoshitsune sama Yoritomo. Yoritomo yg udah jealous sama masa-masa jaya Yoshitsune makin terbakar emosinya, dia merampas wilayah kekuasaan Yoshitsune satu persatu. Kaisar kemudian memutuskan untuk membunuh Yoshitsune dan menetapkannya sebagai buronan diseluruh negeri. Yoshitsune kabur ke Oushu, untuk meminta perlindungan bapak angkatnya dulu Shogun Fujiwara no Hidehira. Namun tentara Yoritomo semakin mendesak hingga ke wilayah barat, tadinya Hidehira mau menjadikan Yoshitsune sebagai Shogun supaya dia bisa selamat dan membangun negeri Oushu yang baru ditangannya, tapi udah keburu mati duluan. Jadi takhtanya jatuh ketangan putranya, Yasuhira. Yasuhira didesak Yoritomo untuk menyerahkan Yoshitsune, Yasuhira lalu mengingkari titah ayahnya yang nyuruh dia buat ngelindungin Yoshitsune karena dialah cahaya Oushu. Akhirnya di tahun 1189, Yoshitsune melakukan seppuku (bunuh diri) didaerah bernama Koromogawa, bersama pengikut setianya Musashibo Benkei, konon Benkei mati-matian menahan pasukan Yoritomo agar Yoshitsune bisa melakukan seppuku hingga akhirnya dia tewas berdiri.

Pengikut Yoshitsune:
Mushasibo Benkei
Isesaburo Yoshimori
Satou Tsugunobu
Satao Tadanobu
Minamoto no Aritsuna
Kamata Morimasa
Kamata Mitsumasa
Hitachibou Kaison
Washio Yoshihisa
Hori Kagemitsu
Suruga Kiyoshige

Tamabahan
Yoshitsune, memiliki seorang selira bernama Shizuka 'gozen, seorang Shirabyoshi. Memiliki seorang putra tetapi dibuang.


Kalo menurut gue pribadi, setelah nyimak puluhan sumber mengenai Minamoto no Yoshitsune ini gue bersimpati, sungguh tragis nasibnya.. bukannya dikasih penghargaan kek atas kejeniusannya ngalahin Heishi malah jadi buronan yang akhirnya bunuh diri, lebih tepatnya dipaksa bunuh diri.
Hiks (ToT)





Kita juga bisa lebih tau tentang Minamoto no Yoshitsune, lewat budaya populernya,

Manga karya Hirofumi Sawada ini menceritakan kehidupan Yoshitsune, berjudul Shanaou Yoshitsune

NHK ngeluarin historical drama Yoshitsune tahun 2005 lalu, dibintangi Hideaki Takizawa
























Game kayak Genji, patut diancungi jempol lho... liat aja sendiri :)
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2