Mengapa Buah Jeruk Utuh Lebih Baik untuk Kesehatan?

KETIMBANG dikonsumsi dalam proses olahan, buah jeruk utuh justru memiliki manfaat dan kandungan terbaik bagi kesehatan. Apa pasal?

Jeruk yang manis sedianya memang lebih enak dikonsumsi secara utuh tanpa melalui proses olahan seperti dibuat jus, atau dibuat minuman dengan cara diperas. Apalagi, kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan bersifat utuh ketika Anda mengonsumsinya tanpa melalui proses olahan terlebih dahulu.

Para peneliti di Bringham Young University pun mencoba mencari nilai kandungan sehat dari sebuah jeruk. Saat melakukan penelitian, memeras semua senyawa sehat yang ada di dalam jeruk dan bermanfaat bagi kesehatan tersebut, seperti ditulis Times of India.

Dari sana didapatlah hasil bahwa kandungan paling populer yang terdapat dalam jeruk yakni vitamin C yang memang sangat baik berfungsi sebagai antioksidan. Dalam penelitian itu, para peneliti pun memelajari mengapa sebuah jeruk utuh lebih baik bagi Anda daripada komponen yang dimiliki ketika jeruk tersebut yang dikonsumsi telah melalui proses olahan.

“Ada sebuah kandungan dari jeruk yang nilainya lebih baik dari kapsul vitamin C dan itulah yang ingin kita cari tahu lebih lanjut,” ujar Toy Parker dari BYU tersebut.

“Kami pikir itu adalah campuran antioksidan yang terkandung dalam jeruk sehingga begitu baik bagi kesehatan ketika dikonsumsi,” kata Parker.

Parker menjelaskan, setiap kali kita makan karbohidrat dan lemak, kita akan meningkatkan jumlah radikal bebas dalam darah. Seiring dengan perjalanan waktu, radikal tersebut mengalami pengerasan pada arteri dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi buah beberapa jam setelah makan, hal tersebut akan melindungi kita dari ancaman tersebut.

Parker mencatat perusahaan suplemen kerap memberikan campuran dalam produk mereka dengan ekstrak blueberry dan jeruk untuk membuat sebuah cita rasa yang menarik.

Para peneliti mengidentifikasi beberapa kombinasi antioksidan, khususnya yang memberikan kontribusi terbaik bagi kesehatan. Dari sana ditemukan bahwa dua senyawa yang paling sinergis, yakni berada dalam senyawa hesperidin dan naringenin.

Dalam penelitian tersebut, Parker pun mengevaluasi tentang efek kesehatan manusia yang ditimbulkan dari konsumsi jeruk. Sumber : lifestyle.okezone.com
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2